Boys’ Brigade

Home » Boys’ Brigade

Boys’ Brigade  (BB) atau Putra Pengabdi merupakan gerakan kepanduan / organisasi yang ditujukan bagi remaja atau pemuda yang mirip dengan Pramuka. Namun secara khusus BB / PP mendasarinya dengan Iman Kristen yang bertujuan tidak hanya membentuk remaja / pemuda untuk menjadi disiplin dan bertanggung jawab tapi juga menjadi generasi muda yang mengenal Kristus dan menjadi terang dan berkat bagi sesama. Oleh karena itu BB dikenal sebagai Organisasi pemuda Kristen , didirikan pada tanggal 4 Oktober 19883 oleh William Alexander Smith ketika dia membentuk sebuah organisasi dengan 35 anak laki-laki di Free Church Mission Hall, North Woodside Road, Skotlandia, Britania Raya.

Dari satu cabang yang kecil berkembang terus menjadi suatu organisasi yang besar. Sekarang ini  BB sudah tersebar di 60 nedara termasuk di Indonesia , dan salah satunya adalah Kalam Kudus Malang.

Kegiatan yang dilakukan oleh Cabang 1 Malang mengacu pada kurikulum BB Indonesia yang telah disampaikan pada kegiatan BOTC dan pendampingan. Kegiatan Rutin Tahunan:

  1. Masa Orientasi Sekolah
  2. Lock In
  3. Adventure Camp
  4. Independence Day’s Celebration
  5. Sports Day
  6. Aksi Sosial
  7. BOTC (Distrik)
  8. LDC (Distrik)
  9. Drill Camp (Distrik)
  10. Camp Nasional Bersama (BB Indo)
  11. Kegiatan  dengan BB Asia ; Malaysia / Singapore / Hongkong / Thailand / India

BOTC

Kegiatan BOTC (Basic Officer Training Camp) Boys Brigade di SMA Mawar Sharon Surabaya 2019. BOTC dihadiri oleh semua guru, kepala sekolah, dan direktur sekolah yang mengerjakan BB secara intens. Tujuan dari BOTC secara umum adalah untuk melengkapi guru sebagai pembina BB.

MOTTO

“Yakin dan Teguh” (Sure and Steadfast), diambil dari kitab Ibrani 6:19. Kata “Yakin dan Teguh” dalam terjemahan Alkitab diterjemahkan sebagai “kuat dan aman”.

 

LOGO

Logo asli Boys’ Brigade adalah sebuah jangkar/sauh. Seperti motto, yang diambil dari ayat “Pengharapan itu adalah sauh” (Ibrani 6:19). Dengan bergabungnya Boys’ Brigade dengan The Boys’ Life Brigade pada tahun 1926, maka sebuah salib merah ditambahkan ke sauh/jangkar tersebut.

Tujuan

Tujuan dari Putra Pengabdi adalah memperkenalkan Kerajaan Allah di tengah anak-anak dan remaja, serta mempromosikan atau membina sifat saling menghargai, disiplin, rasa hormat dan kepercayaan diri, serta segala tingkah laku yang menuju kepada kehidupan Kristen sejati.

Di samping tujuan utama di atas, Putra Pengabdi juga memiliki tujuan tambahan:

  • Membantu anggota dalam menumbuhkan karakter-karakter Kristen.
  • Melatih anggota menjadi warga negara yang setia dan bertanggung jawab.
  • Memperkenalkan kegiatan jasmani dan mengembangkan kemampuan memimpin.